Tim Kemendag Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

0 17

INIBORNEO, Pontianak – Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanti Suprih, memastikan perkembangan harga barang kebutuhan pokok sudah sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah tetapkan. Hal ini disampaikannya usai melakukan pantauan secara langsung pasokan dan perkembangan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Teratai dan Pasar Kemuning, Kota Pontianak.

“Secara umum stok barang kebutuhan pokok mencukupi untuk kebutuhan lebaran dan harga bapok (bahan pokok,red) relatif stabil”, jelas Karyanto disela-sela kunjungannya ke Pasar Teratai bersama Tim Kementerian Perdagangan yang diwakili oleh dirinya, bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Ridwan, perwakilan BULOG Divre Kalbar dan Satgas Pangan, pada Selasa pagi (28/05).

Selain memantau dua pasar tersebut, Tim Kemendag juga melakukan pemantauan pasokan dan harga di ritel modern Transmart Kubu Raya Kota Pontianak.

Dari hasil pantauan diketahui harga beras premium masih berkisar Rp. 12.500 – Rp. 13.500/kg, sedangkan beras Bulog Rp. 9.450/kg. Gula pasir dengan harga tertinggi Rp. 12.900/kg, minyak goreng curah Rp. 10.800/liter, dan terigu pada HET Rp. 8.300/kg.

Begitu pula daging sapi segar Rp. 125.000/kg, sedangkan daging ayam ras Rp. 30.600/kg. Untuk telur ayam ras Rp. 25.900/kg. Sedangkan harga cabe merah keriting dijual dengan harga Rp. 51.000/kg, cabe merah biasa Rp. 49.600/kg, cabe rawit merah Rp. 57.600/kg, cabe rawit ijo Rp. 36.600/kg, bawang merah Rp. 30.200/kg, bawang putih Rp. 30.200/kg dan kentang Rp. 14.000/kg.

Di ritel modern Transmart Kubu Raya harga barang kebutuhan pokok bahkan dijual dengan harga dibawah HET seperti beras premium Rp. 12.800/kg s/d Rp. 13.300/kg, gula pasir Rp. 12.300/kg s/d Rp. 12.500/kg. Daging kerbau beku Rp. 80.000/kg, daging sapi beku Rp. 89.900/kg, daging ayam Rp. 34.000/kg dan telur ayam Rp. 25.500/kg.

“Dari hasil pemantauan di dua pasar tradisional dan ritel modern Transmart, secara umum harga stabil mulai dari beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi/kerbau, daging ayam, cabe merah, bawang merah dan bawang putih. Tentang adanya kekhawatiran terhadap harga bawang putih di beberapa daerah, ternyata di Pontianak harga tetap stabil dikarenakan stok bawang putih impor cukup tersedia,” ujarnya.

Ia mengingatkan para distributor dan pedagang pengecer untuk tidak menjual melebihi HET. Ia juga mengajak pedagang dan distributor untuk menjaga harga barang kebutuhan pokok tetap stabil.

Stok Aman

Masyarakat juga tidak perlu khawatir akan stok bahan pokok. Ia menjamin kepastian stok bapok akan mencukupi hingga lebaran dan menghimbau masyarakat untuk tidak belanja berlebihan.

“ Berbelanjalah sesuai kebutuhan, bukan keinginan, kerena biasanya yang menyebabkan harga melonjak karena berbelanja secara berlebihan”, kata Karyanto Suprih.

Lebih lanjut, ia menyatakan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersama pelaku usaha akan terus bersinergi untuk menjaga pasokan dan harga bapok tetap stabil menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) sehingga masyarakat bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

” Pemerintah menyampaikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang telah turut serta dalam menjaga pasokan dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok”, ungkap Karyanto Suprih.

Comments
Loading...