banner 728x250

Sintang Orangutan Center, Rehabilitasi Orangutan Sebelum Lepasliar

  • Share
SOC, Rehabilitasi Orangutan Sebelum Lepas Liar
banner 468x60

Kalau berkunjung ke Kota Bukit Kelam ini, kalian boleh menyempatkan diri singgah untuk sekedar melihat Orangutan dari kejauhan.

Sintang Orangutan Center didirikan atas prakarsa Yayasan Kobus yang didukung oleh BKSDA. Sebagian besar Orangutan yang ada di shelter ini diserahkan oleh warga yang menemukan dan memelihara mereka. Yang lainnya, merupakan hasil tangkapan BKSDA.

banner 336x280

Saat ini, ada 23 Orangutan yang direhabilitasi disini. Tujuannya, tentu saja mengembalikan perilaku dan kebiasaan mereka agar dapat beradaptasi kembali dengan habitatnya. Setelah itu, Orangutan yang dirasa cukup sehat dan siap dilepasliarkan, akan menjalani tahap belajar beradaptasi di hutan belajar Tempunak, satu jam perjalanan dari pusat kota Sintang.

Sebenarnya tempat ini tidak termasuk dalam daftar ‘tempat yang wajib dikunjungi di Sintang’. Karena selain tidak bisa melihat dari dekat, kalian juga tidak diperbolehkan mengambil gambar Orangutan yang ada disitu. Alasannya, meminimalisir kontak dengan manusia.

Tapi untuk mengobati kekecewaan, kalian bisa berkunjung ke Rumah Betang yang letaknya tak jauh dari center ini. Kalian dapat melihat-lihat dan membeli souvenir-souvenir sebagai buah tangan.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *