banner 728x250

Era Millenial, Perbarindo Siap Go Digital

  • Share
banner 468x60
PONTIANAK-Di era millennial seperti saat ini, segala bentuk layanan serta kemudahan dan efisiensi tentu menjadi pilihan ini pulalah yang menjadi tantangan bagi Persatuan Bank Pengkreditan Rakyat (Perbarindo) Kalbar yang masih menggunakan cara konvensional dalam pelayanannya.

Dalam hal ini Perbarindo pusat tengah menginisiasi program tranformasi BPR  Go Digital, hal ini melihat tantang serta persaingan yang semakin tinggi.

banner 336x280

Seperti yang disampaikan Ketua Umum Perbarindo Pusat, Joko Suyanto, menyebutkan bahwa di era digital saat ini perekonomian bergerak sudah dengan menggunakan cara cassless IT.

“Kita menyadari Bahwa saat ini ekonomi sudah bergerak ke cashless IT, kemudian public sekarang domainnya bertransaksi kearah digital, baik itu e-commerce, agrigrator, finansial teknologi,” ujar Ketum Perbarindo saat menghadiri Musyawarah Daerah Perbarindo Kalbar Periode 2018-2022, yang bertemakan “Peluang Dan Tantangan BPR/BPRS Di Era Transpformasi Digital” di hotel Mercure Pontianak, Sabtu (28/4)

Maka dari itu, kata Joko, BPR harus merumuskan, meresponsif perkembangan serta pola ekonomi saat ini yaitu ekonomi berbasis digital.

Seperti saat ini, kata Joko, Perbarindo tengah mempersiapkan BPR e-cash basisnya menggunakan smart phone dalam bentuk aplikasi. sehingga BPR bisa bertransaksi non tunai, menggunakan virtual acconunt, misalnya Token listrik, top up pulsa, tarik tunai, pengiriman uangusing (remitansi), transefer uang.

“Yang basis rekeningnya menggunakan nomor HP menjadi rekening, dan ini dapat pula digunakan untuk belanja, dan ini sudah dilakukan uji coba di Jawa tengah, dan ini jadi pilot project kita dan kita harap ini juga dapat dilakukan di Kalbar,” terangnya

Kemudian Joko mengatakan dengan digelarnya Musda Perbarindo yang digelar empat tahun sekali ini, dikepengurusan yang baru mampu membawa asosiasi ini semakin lebih baik kedepannya.

“Dengan harapan pengurus terpilih mampu membawa Perbarindo Kalbar bermanfaat bagi anggotanya, dapat menyusun program strategic sehingga BPR Kalbar semakin dipercayai masyarakat dan produknya juga semakin kompetitif,” tukasnya

Kemudian Meidi Widianto, Ketua Perbarindo Kalbar, mengungkapkan, dengan kepengurusan yang baru Perbarindo, diharapkan nantinya akan semakin lebih baik, terlebih diera digitalisasi, tantangan yang semakin berat.

“Inovasi dari pengurus yang baru sangat diharapkan, dengan harapan nantinya dapat membuat anggota ini bisa bersaing industri sejenis dengan lembaga keuangan non bank, sehingga organisasi ini tidak hanya sekedar kumpul-kumpul tapi disinilah membuat kita saling berinteraksi, sharing berbagi pendapat dan mencari solusi,” pungkasnya.

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *