Menu
Ini Borneo
banner 728x250

104 Mahasiswa GENBI Komisariat Kalbar Ikut Bela Negara

  • Bagikan
banner 468x60

Sebanyak 104 Mahasiswa / Mahasiswi Untan dan IAIN Pontianak yang tergabung dalam GENBI Komisariat Kalbar yang merupakan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Penerima Beasiswa dari Bank Indonesia mengikuti kegiatan “Latihan Bela Negara” di Rindam XII/Tpr.

Latihan ini di awali dengan Upacara Pembukaan yang Langsung di Buka Oleh Danrindam XII/Tpr. Kolonel Inf. Khairul Anwar Mandailing, S.H., M. Tr. (Han) serta Penyematan Tanda Peserta Latihan , yang bertempat di Lapangan Mako Rindam XII/Tpr, Jumat (11/5/2018).

banner 336x280

Dalam kesempatan tersebut, Danrindam XII/Tpr, Menyampaikan Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendidik dan melatih kedisiplinan serta menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada Mahasiswa/Mahasiswi. Mereka akan menerima pelatihan langsung dari Tim Pelatih dari Dodik Bela Negara dan dari Pihak Bank Indonesia selama tiga hari ke depan. Kegiatan ini dilaksanaka dengan metode latihan dasar guna dalam membentuk karakter dan disiplin serta cinta tanah air agar mereka nantinya ke depan bisa menjadi penerus bangsa yang berkarakter, disiplin, tegas, dan profesional.

“Mereka semua akan dilatih langsung oleh para Pelatih selama tiga hari kedepan dengan materi tentang Wawasan kebangsaan, Bela Negara, Kepemimpinan, Disiplin, PPM/PBB, Caraka malam dan Mountenering, serta materi pendukung dari Bank Indonesia yang diberikan oleh tenaga profesional dari Pihak Bank Indonesia. Materi metode dasar diberikan guna membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab bagi Mahasiswa, sehingga mereka nantinya bisa menjadi pribadi yang disiplin dan cinta tanah air dan bangsa,” paparnya.

Dengan begitu, Danrindam berharap para mahasiswa dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan tanpa ada rasa takut, sebab keberhasilan dan kesuksesan tidak akan tercapai tanpa didasari sikap kedisiplinan dan loyalitas yang tinggi. Oleh sebab itu para peserta diminta untuk menanamkan rasa kedisiplinan dari diri pribadi setiap peserta.

“Kedisiplinan diri merupakan pondasi dasar untuk meraih keberhasilan, dan tak kalah pentingnya yaitu kemampuan serta keterampilan yang didasari sikap pantang menyerah, ketangguhan mental dari para peserta latihan, sehingga nantinya akan mengantarkan kalian sebagai mahasiswa/Mahasiswi, yang profesional,” pesannya.

Sebagai penutup, dia juga berpesan kepada semua pihak yang terlibat dalam Kepelatihan, agar latihan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu perlu kiranya memperhatikan faktor keamanan dalam setiap kegiatan baik, Sebelum, selama maupun Sesudah melaksanakan latihan, dengan berpedoman pada prosedur yang telah ditentukan.

Sementara itu Djoko Juniwarto, Kepala Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan KPw BI Provinsi Kalbar selaku pembina GENBI mengatakan, program ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan kepada mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa BI. Namun baru kali ini di Laksanakan di Instansi Militer dengan harapan agar mendapatkan Pengalaman yang baik, Cinta tanah air dan Bangsa, Berwawasan Kebangsaan, serta memiliki rasa kedisiplinan,Loyalitas dan Tanggung jawab sebab dengan rasa itulah maka mahasiswa/Mahasiswi, akan bisa belajar dengan baik dan mampu mengaplikasikan kemampuan mereka demi kemajuan dan keberhasilan mereka dalam mencapai cita-citanya.

“Besar harapan kepada para mahasiswa/mahasiswi nanti nya akan bisa mengikuti latihan dengan baik dan mengikuti semua rangkaian kegiatan ini, sehingga bisa bermanfaat demi mencapai cita-cita mahasiswa dan demi Kemajuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harapnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *