Youtuber Ferdian Paleka Jadi DPO, Mau Menyerahkan Diri Asal Pengikut Bertambah

0 252

INIBORNEO.COM, Jakarta – Ferdian Paleka, seorang youtuber masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) setelah dianggap menghina waria. Dalam kontennya, Ferdian membagikan kardus yang disebut sebagai sembako kepada waria, yang ternyata berisi sampah.

Hilangnya Ferdian juga membuat resah keluarganya. “Saya jarang sekali, baru ada kasus ini saya mau lihat apa aja yang dibikin anak saya,” ujar perempuan yang mengaku ibu Ferdian sambil menangis. Pengakuan ini diunggap dalam video akun gosip di instagram. Ia tidak menyangka anaknya berperilaku seperti itu. Belum lagi komentar dari warganet yang diarahkan padanya.

“Lihat video soal PSK, kok dia bisa mempraktekkan seperti itu, sedih terus lihat dari komentar-komentar, sedih. Mendoakan, sampai nyumpahin. Saya sedih, sakit hati saya, kok kayak gini,” katanya. Dia mengaku pernah menyarankan agar anaknya membuat konten yang lebih bermanfaat. “Bikin konten berbagi, beli nasi bungkus apa 20 30 bungkus bagiin, saya bilang gitu ke bapaknya,” ungkapnya.

Sementara, Senin (4/5/2020) lalu, akun Instagram yang mengatasnamakan Ferdian Paleka, @ferdianpalekka, mengunggah pernyataan yang berisi permintaan maaf. Permintaan maaf itu juga diiringi dengan janji akan menyerahkan diri kepada polisi jika followers Instagramnya tembus hingga 30 ribu.

“Gw minta maaf buat semua orang yang tersinggung atas video saya. gw bener- bener gatau sekarang harus ngapain. Tembus 30k followers gw bakal nyerahin diri ke kepolisian,” tulis Ferdian. Dia pun mengaku terdesak dan dalam keadaan tertekan.

Sementara rekannya, Tubagus Fahdinar, akhirnya menyerahkan diri ke Mapolrestabes Bandung pada Senin, 4 Mei 2020. Tubagus diamankan polisi dan hingga kini Youtuber Ferdian masih jadi incaran polisi setelah melakukan prank bantuan berisi sampah di tengah pandemi COVID-19. “Satu sudah diamankan, kita berupaya (menangkap yang) lainnya,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri.

Saat ini, kata Galih, Tubagus masih menjalani pemeriksaan untuk pengembangan mencari terlapor Ferdian. Kemudian, petugas pun sudah disebar mencari Ferdian Paleka di lapangan. Untuk itu, disarankan Ferdian juga menyerahkan diri.

Ferdian membuat akun pada November 2019. Kontennya berisi mengenai aktivitasnya melakukan prank ke orang lain. Bahkan salah satu yang viral adalah saat ia membongkar tarif pekerja seks komersial (PSK). Dia pun sering melontarkan kata-kata kasar.

Nama aslinya adalah Ferdiansyah. Nama belakangnya, diambil dari mana mendiang kakaknya; Herdian Paleka. Dia pun pernah berseteru dengan sesama youtuber Reza Arap, terkait konten PSK.

Comments
Loading...