Tren Kasus Covid-19 Turun, Wali Kota Minta Pengusaha Tak Abai Prokes

0 511

INIBORNEO.COM, Pontianak – Walau Kota Pontianak masih termasuk kategori daerah oranye untuk penyebaran Covid-19, namun secara tren jumlah kasusnya menurun. Status ini harus dipertahankan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Untuk status Kota Pontianak hingga saat ini masih orange, Oktober November puncak kasus,” ungkap Edi Rusdi Kamtono.

Edi mengatakan, penurunan temuan jumlah kasus covid di Kota Pontianak terjadi berkat sinergi masayarakat dengan tim satgas penanganan percepatan covid, yang secara tidak langsung saling beriringan bersama memberi penguatan melalui pengawasan dan ditataran masyarakatnya ikut serta menjalankan protokol kesehatan.

Kasus covid 19 sejak gelombang kedua, diakui dia memang terdapat kenaikan kasus. Kini, kasusnya mengalami penurunan. Mudah-mudahan untuk zona orange bisa secepatnya menjadi kuning dan hijau.

Namun ia tak menutupi, kenaikan kasus covid 19 di Pontianak bisa terjadi lagi, jika masyarakat kembali tidak mentaati protokol kesehatan. “Saya ingatkan kasus covid sekarang fluktuatif. Saya minta warga Pontianak untuk lebih patuh,” tegasnya.

Kemudian untuk para pengusaha diharapkan bisa bersabar tidak melakukan kegiatan yang bisa mengumpulkan masyarakat banyak. Protokol kesehatan dilingkungan usaha harus dipatuhi. Jika zona Kota Pontianak terus membaik maka bisa lebih sedikit longgar ke depannya.

Begitu pula untuk penyelenggaraan event harus memiliki izin dari satgas Covid-19. Sehingga jika ada pelanggaran maka akan di sanksi denda bahkan di tutup selama 14 hari untuk dilakukan swab dan disinfektan.

Ia melihat sebagian pengusaha sekarang masih sengaja untuk tidak mengikuti anjuran peraturan yang dibuat. Seharusnya mereka ikut membantu agar mengutamakan keselamatan masyarakat.

Dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan tambah Edi hingga saat ini tim gugus tugas terus gencar melakukan pemonitoran. Tes uji cepat di tempat usaha yang terbukti terdapat keramaian tanpa menjalankan protokol kesehatan sudah dilakukan rutin. Sanksi bagi pelaku usaha juga sudah dilakukan. Mudah-mudahan upaya-upaya yang dilakukan Pemkot Pontianak dalam menekan penyebaran virus ke depan bisa menunjukkan hasil positif.

ASEANTY PAHLEVI

Comments
Loading...