Telkomsel Launching SICERDAS Tingkat SMP di Kabupaten Mempawah

0 103

INIBORNEO.COM, Pontianak -Telkomsel melakukan launching aplikasi SiCerdas untuk tingkat SMP di Kabupaten Mempawah melalui video conference call yang diikuti langsung oleh Bupati Mempawah, Erlina.

Untuk pertama kalinya di Kalimantan, aplikasi SiCerdas ini digunakan bagi tingkat SMP di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat. Proses peluncuran melalui video conference call aplikasi SiCerdas yang diikuti langsung oleh Bupati Mempawah, Kepala Dinas Pendidikan Mempawah, Kepala Dinas Kominfo Mempawah, serta para Kepala Sekolah tingkat SMP di Mempawah.

Sejak diluncurkan pada 19 Agustus 2019 lalu, mobile school application SiCerdas hingga saat ini terus berkembang pesat hingga mencakup 92 SMA/SMK di 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat. Aplikasi SiCerdas terus mengembangkan beberapa fitur baru untuk menyesuaikan kebutuhan sekolah, siswa, dan guru saat ini. Sebanyak 22 sekolah di Kalimantan Barat sudah melakukan proses login 100%.

“Telkomsel sepenuhnya mendukung dunia Pendidikan di Kabupaten Mempawah melalui hadirnya aplikasi SiCerdas. Telkomsel juga mengajak anak-anak muda milenial lokal di Kalimantan Barat ini yang membuktikan bahwa pengembang aplikasi digital di kota ini mampu bersaing. Sejak diluncurkan tahun 2019 lalu hingga kini terus mengembangkan fitur baru ,” General Manager Consumer Sales Regional Kalimantan, Ismu Widodo.

Ismu menambahkan,Telkomsel melihat tingginya animo masyarakat dalam mengadopsi layanan broadband dan digital di Kabupten Mempawah ini. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya layanan digital Telkomsel diatas 27.1%, serta lebih dari 33.7% peningkatan layanan broadband dibandingkan dengan tahun lalu. “Untuk mendukung kenyamanan berkomunikasi Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan jaringan yang handal dan stabil untuk mendukung penerapan ekosistem digital yang lancar,” kata Ismu lagi.

Pada proses launching di Mempawah ini, diperkenalkan beberapa fitur tambahan terbaru dari Belajar Online SiCerdas 2.0 yaitu kelas online, file pembelajaran online, dan soal-soal online. Telkomsel turut proaktif mengambil bagian dalam upaya gotong royong dan solidaritas dalam membantu seluruh elemen masyarakat Indonesia menghadapi tantangan terkait peyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di segala sektor kehidupan. Hal ini sejalan dengan himbauan Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo untuk mengutamakan interaksi online sebagai upaya membatasi penyebaran Covid-19. Fitur SiCerdas 2.0 ini sangat membantu para pelajar dan guru yang saat ini sedang menjalani kegiatan dirumah, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kalimantan Barat yang memungkinkan guru dan murid tetap dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar secara online. Mereka dapat saling berinteraksi secara live streaming serta para guru tetap dapat membagikan materi pelajaran.

Selain fitur Kelas Online, pada saat yang sama juga diluncurkan fitur Pembelajaran Online dimana guru bisa membagikan materi belajar, dan Ujian Online. Dalam fitur tersebut, guru sekaligus tetap bisa melakukan absensi untuk siswa. Aplikasi Sicerdas juga memberikan live report Kepada Gubernur Kalimantan Barat, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, Bupati Mempawah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah serta Kepala Sekolah sehingga semua data yang masuk akan tersimpan dengan baik dan menjadi database sekolah.

SiCerdas merupakan aplikasi digital dengan spesifikasi smartphone berbasis android dan IoS yang menyediakan berbagai informasi dan kebutuhan data yang bermanfaat dan membentuk smart students di sekolah. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi para siswa dalam melakukan absensi, mengerjakan tugas sekolah, forum grup diskusi guru dan siswa, data perpustakaan, bahkan juga dapat melakukan transaksi LinkAja di kantin sekolah.

Kolaborasi yang sangat baik dari Dinas Pendidikan Kalimantan Barat Bersama Telkomsel dan Favorit Kita Indonesia menghadirkan aplikasi SiCerdas yang hingga kini telah menjangkau 36 ribu siswa di Kalimantan Barat. Disamping itu, aplikasi ini juga digunakan se-Kalimantan dengan jumlah 45 ribu siswa telah menggunakan aplikasi ini. Bagi sekolah-sekolah yang belum terhubung dengan Sicerdas, bisa mendaftakan dengan menghubungi Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga dan Pariwisata dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mempawah, atau dengan mengirim pesan di Instagram @Sicerdas_Link atau @Telkomsel_Pontianak.

Comments
Loading...