Relawan Konservasi Dikenali Dasar-dasar Investigasi

Sembari Menunggu Bukber, Relawan Tajam Dikenali Dasar-dasar Investigasi dan Berdiskusi

0 223

Sembari menunggu berbuka puasa, Yayasan Palung berkesempatan memberikan pengenalan singkat dan diskusi dasar-dasar investigasi kepada puluhan Relawan Konservasi Tajam, Senin (4/6/2018) petang kemarin di Kantor Yayasan Palung Ketapang.

Dalam pengenalan singkat tersebut, pemateri menyampaikan beberapa hal seperti misalnya seorang ivestigasi dalam menjalankan tugasnya harus dibekali dengan beberapa syarat seperti penyamaran dan berapa syarat lainnya.

RA selaku pemateri dasar-dasar investigasi menceritakan ketika melakukan investigasi pun harus menggunakan dua cara yaitu cara terbuka dan cara tertutup. Jika cara tertutup kita menyamar sebagai orang lain bukan diri kita atau juga tidak menyebutkan asal dari instansi mana kita berasal (tidak menyebut identitas asli kita yang sebenarnya).

“Yang terpenting seorang investigator (seseorang yang menjalankan tugas investigasi) harus memiliki jaringan yang luas agar dalam menjalankan tugas bisa lebih mudah”, ujar RA.

Adapun tujuan dari pengenalan dasar-dasar investigasi kepada relawan sebagai bentuk untuk menambah jaringan dan informan terkait informasi-informasi yang berasal dari seluruh wilayah di Ketapang.

Mengingat, beberapa relawan ada yang berdomisili di wilayah pedalaman dengan harapan mereka menjadi penyambung lidah ketika ada kasus-kasus terhadap kejahatan terhadap satwa atau menjumpai/menemukan informasi-informasi penting terkait lingkungan di tempat mereka tinggal.
Sedangkan cara terbuka adalah kita menggunakan orang lain atau informan (sesorang yang dipercaya untuk mencari dan menggali informasi). Informan dapat juga dikatakan sebagai perantara investigator untuk sumber informasi yang hendak kita cari.

Relawan RK-Tajam yang mengikuti pengenalan dasar-dasar investigasi berfoto bersama setelah bukber, Senin kemarin. Foto dok. Yayasan-Palung
Relawan RK-Tajam yang mengikuti pengenalan dasar-dasar investigasi berfoto bersama setelah bukber, Senin kemarin (4/6), di Kantor Yayasan Palung. Foto dok. Yayasan-Palung

 

Pada kesempatan pengenalan singkat dasar-dasar investigasi kemarin, puluhan relawan terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.
Setelah materi singkat dasar-dasar investigasi, selanjutnya dilanjutkan dengan bukber (buka puasa bersama) dan dihadiri oleh para relawan Tajam dan beberapa staf Yayasan Palung.

Untuk selanjutnya, rencananya relawan Tajam akan diberikan lagi materi dan praktek secara langsung bagaimana melakukan kegiatan/tugas investigasi.

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Comments
Loading...