Pesan Kuota Gratis Saat Pandemi; HOAKS

0 86

INIBORNEO.COM, Jakarta – Beredar di aplikasi WhatsApp mengenai kuota gratis sebagai intensif saat masa pandemi corona yang akan diberikan pemerintah. Pesan tersebut dilengkapi dengan situs yang merujuk pada kuota gratis 10 GB.

Kominfo memastukan informasi tersebut adalah hoaks.Isi narasi yang ditulis “Kuota 10GB gratis untuk melawan virus corona atau Covid-19. Meskipun kita diwajibkan untuk tetap di rumah tapi sangat penting untuk kita tetap berhubungan dengan kerabat maupun keluarga kita. Maka dari itu pemerintah bekerja sama dengan seluruh provider di Indonesia membagikan kuota sebesar 10 GB agar kita semua tetap berkomunikasi, sebagai dari pemerintah baca selengkapnya di http://www.dirumahaja.tech,” bunyinya.

Faktanya, informasi dalam pesan tersebut bukan berasal dari sumber kredibel. Saat ini pemberian kuota gratis dari Pemerintah adalah berupa kerja sama dengan operator telekomunikasi dengan memberikan layanan internet gratis melalui platform dunia pendidikan dan bukan seperti narasi pada pesan berantai tersebut.

Selain layanan internet gratis untuk pendidikan, banyak kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk meringankan beban masyarakat terutama yang terdampak pandemi corona.

Sebagai contoh yaitu peluncuran Kartu Prakerja, tagihan listrik 450 VA yang digratiskan, dan 900 VA di mana hanya dibayar separuhnya. Untuk mendukung program belajar di rumah pun banyak aplikasi belajar online yang memberikan akses gratis.

Masyarakat harus lebih waspada terhadap pesan yang belum diketahui sumber secara jelas, apalagi dalam pesan tersebut disertai sebuah link alamat situs. Link tersebut biasanya menjadi salah satu tindak kejahatan berbasis Internet.*

Comments
Loading...