Patuhi Protokol Kesehatan, BI Kalbar Yakini Ekonomi Pulih 2021

0 54

INIBORNEO.COM, Pontianak – Pandemi sepanjang tahun 2020 ini sempat membuat kontraksi di berbagai sektor ekonomi, namun Bank Indonesia meyakini tahun depan akan membaik. Permintaan serta produksi lapangan usaha diperkirakan meningkat seiring dengan persepsi pelaku ekonomi akan semakin membaiknya kondisi perekonomian.

“Salah satunya yang akan mendukung tumbuhnya perekonomian Kalimantan Barat tahun depan yakni beroperasinya Pelabuhan Internasional Tanjungpura (Kijing) di Mempawah,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat (Kalbar), Agus Chusaini, Selasa 15 Desember 2020.

Tak hanya itu, keputusan pemerintah terkait distribusi vaksin Covid-19 telah menumbuhkan keyakinan investor pada perekonomian. Hal ini disampaikan Agus saat membuka Forum Komunikasi Bank Indonesia dan Media Massa Kalimantan Barat Tahun 2020, di Gardenia Kubu Raya.

Faktor lain yang turut mendukung adalah berlanjutnya program pemulihan ekonomi (PEN). Kebijakan Bank Indonesia dalam menjaga likuiditas yang cukup, terdapat stimulus fiskal dari pemerintah, perpanjangan relaksasi kredit OJK, serta ekonomi digital yang semakin berkembang,” jelasnya.

Namun, prospek perekonomian Kalimantan Barat yang masih cukup baik ke depan tersebut tentu tidak lepas dari berbagai tantangan yang perlu mendapatkan perhatian.

“Tantangannya adalah berlarutnya pandemi Covid-19, melambatnya volume perdagangan dunia dan harga komoditas (karet dan CPO). Serta anomali cuaca yang dapat menghambat aktivitas ekonomi di Kalimantan Barat,” katanya.

Maka, perbaikan perekonomian ini tak lepas dari perilaku pembiasaan baru warga Kalimantan Barat, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Di sektor UMKM, BI Kalbar secara konsisten akan mendukung upaya peningkatan perekonomian Kalbar. Terutama untuk mendukung pengendalian inflasi, lalu mendorong potensi ekspor, dan selanjutnya mencari substitusi impor. Hingga 2020, KPwBI Provinsi Kalimantan Barat telah memiliki lebih dari 300 UMKM binaan, di antaranya adalah UMKM Tenun Sambas yang sudah cukup terdengar kiprahnya di tingkat nasional.

ASEANTY PAHLEVI

Comments
Loading...