ODP Non Reaktif Akan Jalani Rapid Test ke 2

0 178

INIBORNEO.COM, Ketapang – Juru bicara gugus tugas percepatan penanggulangan Covid 19 Ketapang Rustami, mengatakan bahwa posko Covid 19 Ketapang kembali lakukan Rapid test yang ke 2 pada ODP yang hasilnya negatif atau non reaktif pada test pertama.

“hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa ODP yang pernah melakukan kontak langsung dengan ODP reaktif atau PDP positif Covid 19 tidak tertular”, katanya menjawab SOROT 10.

Rustami menegaskan, kita tidak mau kecolongan. Maka test dengan metode Rapid Test dilaksanakan hingga 2 kali, kepada mereka yang pernah kontak langsung dengan orang yang hasil Rapid Test nya reaktif atau yang berkontak langsung dengan PDP yang positif Covid 19.

Di Ketapang, hingga (21/4) terdapat 1 orang positif Covid 19. Yakni, seorang perempuan dari kecamatan Marau. Saat penelusuran dengan warga yang kontak langsung dengan PDP positif Covid 19 tersebut, sejumlah warga yang di rapid test, hasilnya non reaktif. Tetapi pada pelaksanaan rapid test ke 2 kali, ditemukan ada satu warga Marau yang hasil Rapid Test nya reaktif.

Kemarin (21/04) pukul 09.00 wib, tim Dinkes dan Labkesda melakukan Rapid Test pada 24 orang di Kecamatan Delta Pawan, Benua Kayong, Matan Hilir Selatan dan Pemahan, hasilnya masih menunggu. Sementara terhadap 41 orang yang menjalani Rapid Test pada (20/04) hasilnya non reaktif, dan akan dilakukan Rapid Test ke 2 pada 10 hari ke depan.

Sementara itu, jumlah ODP dan PDP di Ketapang bertambah. PDP bertambah 3 orang sehingga menjadi 30 orang, sedangkan ODP terjadi penambahan yang drastis 60 orang, sejalan penerapan surat edaran dari Gubernur Kalbar, sehingga jumlah ODP melonjak menjadi 428 orang per (21/4). Sedangkan yang telah menyelesaikan isolasi mandiri 112 orang. ODP tersebar di 17 kecamatan, 55 desa/kelurahan.(Yas/21/4/2020)

Comments
Loading...