Menjelang Natal, Kemenag Keluarkan Aturan Baru

0 137

INIBORNEO.COM, Jakarta – Menteri Agama Fachrul Razi menghimbau kepada masyarakat yang merayakan hari raya Natal pada tahun ini untuk tetap patuh serta menerapkan protokol kesehatan saat beribadah bersama. Dan dalam waktu dekat ini Kementerian Agama akan mengeluarkan aturan terkait penyelenggaraan ibadah Natal di masa Pandemi Covid-19.

“Hal ini sudah kami bahas dalam rapat bersama di Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Kristen dan Ditjen Bimas Katholik,” katanya.

Menurutnya, himbauan yang dikeluarkan Kemenag tidak berbeda jauh dengan perayaan hari raya agama lain yang ada di Indonesia, seperti saat jelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha yang lalu dirayakan umat Islam. Karena pada dasarnya ibadah agama apapun kondisinya tidak jauh berbeda.

“Pada dasarnya mirip saja dengan yang lalu, kalau dirumah ibadah betul-betul kami garis bawahi, jangan berkerumun, jaga jarak, cek kesehatan dan sisanya, itu semua sama saja,” katanya.

Perayaan hari agama biasanya berkaitan erat dengan aktivitas mudik yang biasa dilakukan masyarakat. Oleh karena itu, Kemenag akan mengeluarkan aturan terkait mudik Natal pada tahun ini.

“Soal mudik nanti juga akan kami cantumkan bersamaan dengan dikeluarkannya produk (hukum) itu,” ujarnya.

Comments
Loading...