Masker Makin Langka, Kadis Kesehatan : Ayo Hemat Pemakaian Masker

0 97

INIBORNEO, Ketapang –  Kepala Dinas Kesehatan Rustami Adnan meminta warga Ketapang berhemat dalam pemakaian masker.

” Kalo tidak benar benar perlu, jangan pakai masker, kecuali pada pekerjaan yang memerlukan penggunaan masker, seperti petugas di Rumah Sakit, ” kata Rustami di kantornya.

Saat ini terjadi kelangkaan masker di Ketapang, sejumlah apotek yang biasanya menjual masker sudah tidak menjual lagi, terutama masker yg berwarna hijau. Sementara masker warna warni masih dijual, namun stoknya terbatas dan harganya naik 100 persen. Jika sebelumnya eceran per buah Rp. 2,000 kini menjadi Rp. 4,000 per biji.

“Kami hanya menjual masker ini, kalo yang warna hijau tidak ada lagi. Yang warna warni inipun tak bisa dibeli per boks lagi karena stok tipis,” kata pelayanan apotek di jalan MT Haryono.

Sementara stok masker yang dimiliki dinas kesehatan, menurut Rustami, akan lebih difokuskan untuk petugas kesehatan dan pasien kemungkinan virus Corona. ” Jadi tidak akan ada pembagian masker gratis,” kata Rustami.

Stok masker yang dimiliki dinas kesehatan berasal dari stok saat bencana kebakaran hutan dan lahan beberapa waktu lalu, termasuk masker N95. Sementara perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing, menurut Bustami, memiliki stok masker.

Comments
Loading...