KKU Tangguh Covid 19 Muhammadiyah Gunakan Aplikasi Online

0 88

INIBORNEO.COM, Pontianak – Universitas Muhammadiyah Pontianak membantu Pemerintah Kota Pontianak untuk mencegah penyebaran covid 19 dengan melaksanakan kuliah kerja usaha dengan tema Tangguh Covid 19. Pada pelaksanaannya, mahasiswa ditempatkan sesuai domisili masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan.

Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, Doddy Irawan, mengapreasiasi pelaksanaan KKU yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut. “Kita berharap teknologi yang diberikan kepada masyarakat dapat dilanjutkan oleh masyarakat meskipun kegiatan KKU sudah selesai,” katanya.

Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan di segala aspek kehidupan, sehingga perlu adaptasi dari masyarakat untuk hidup pada masa new normal. KKU berbasis online ini menurunkan 734 mahasiswa  pada 15 kota/kabupaten. KKU Tangguh COVID-19 yang diusung oleh Universitas Muhammadiyah Pontianak melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah KKU yang terfokus pada Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Pemberdayaan Masyarakat berbasis Ekonomi Kreatif bagi masyakarat dan UMKM yang terdampak COVID-19.

“Seluruh rangkaian kegiatan dipersiapkan, dimonitoring dan dievaluasi secara daring menggunakan aplikasi yang sudah di hak ciptakan oleh Universitas Muhammadiyah Pontianak,” tambahnya. Selain melakukan sosialisasi pelaksanaan protocol new normal di rumah-rumah, di pasar dan di tempat ibadah dari pelaksanaan KKU juga dihasilkan berbagai macam produk, seperti: face shield, masker kain, tempat cuci tangan, sabun antibakteri, minuman, permen herbal berbasis jahe sebagai salah satu langkah preventif penyebaran COVID-19.

Sementara dalam menumbuhkan ekonomi kreatif, mahasiswa melakukan pelatihan pembuatan aneka produk seperti lampu hias dari bahan bekas, pengolahan ikan menjadi aneka produk dan produk ekonomi kreatif lainnya.

Secara terpisah, Edy Suryadi, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, menambahkan, KKU Tangguh COVID-19 merupakan adaptasi yang dilakukan oleh LPPM dan Panitia KKU untuk tetap melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

“Pada pelaksanaan KKU ini juga dihasilkan artikel ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa dan diterbitkan pada jurnal ilmiah nasional dan video pelaksanaan kegiatan KKU pada youtube channel Universitas Muhammadiyah Pontianak,” ungkapnya.

ASEANTY PAHLEVI

Comments
Loading...