KKU Gali Strategi Jitu Tangani Karhutla Agar Tak Terulang

0 93

INIBORNEO, Jakarta – Kayong Utara mempersiapkan strategi untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan tahun ini. Pencegahan ini harusnya di persiapkan sedini mungkin.

“kita diharuskan memiliki strategi dan belajar dari kejadian sebelumnya baik dalam pencegahan maupun penanggulangan Karhutla,” kata  Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad, saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) 2020 di Istana Negara, (6/2).

Acara yang turut dihadiri unsur Pimpinan Daerah, BNPB, Polri dan TNI ini diharapkannya dapat memperkuat sinergisitas dalam mengatasi bencana tahunan yang menimpa Indonesia saat menginjak musim Kemarau.

“Kita diminta oleh bapak Presiden untuk tetap bersinergi, dan berkoordinasi lintas sektoral maupun dalam struktural, hingga tingkat bawah seperti Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas yang selalu melakukan monitoring lapangan dilokasi rawan Karhutla,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepada seluruh masyarakat Kayong Utara yang berlokasi di rawan karhutla, Effendi berpesan untuk mengintensifkan upaya pengendalian karhutla dan memperkuat aksi pencegahan.

“Saya imbau dari sekarang masing masing pemilik lahan yang rawan kebakaran dibuatkan sekat kanal, dan sumur bor. Pencegahan ini perlu dukungan intensif dari masyarakat serta tidak membuka lahan dengan cara dibakar, jika itu terjadi akan kami tindak tegas,” katanya.

Comments
Loading...