Keluar Rumah Wajib Pakai Masker Kain, Ini Alasannya

0 173

INIBORNEO.COM, Pontianak – Terhitung sejak 5 April pemerintah Indonesia mewajibkan masyarakat menggunakan masker kain jika ingin beraktifitas diluar. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat terus bertambahnya orang dengan positif Corona, diharapkan upaya ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap perlindungan diri sendiri, serta keluarga dan orang sekitar.

Keuntungan dari penggunaan masker kain ini ialah selain mudah di dapat, masker kain juga bisa dicuci dengan deterjen biasa, dan tentunya dapat meningkatkan efektifitas proteksi terhadap penularan virus asal penggunaannya tidak lebih dari 4 jam.

Penelitian di Cambridge pada tahun 2013 menemukan bahwa bahan kain masker non-medis cukup efektif menahan penularan virus. SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 sendiri berukuran 0,12 hingga 0,18 mikron.

Dalam penelitian terhadap partikel 0,02 mikron, masker bedah efektif melindungi penggunanya hingga 97 persen. Sementara, bahan kain sejenis lap yang digunakan sebagai masker efektif hingga 83 persen apabila digunakan satu lapis. Apabila digunakan dua lapis, efektifitasnya hampir sama dengan masker bedah yaitu 93 persen.

Sementera itu, masker yang terbuat dari bahan kain katun jika digunakan satu lapis memiliki efektifitas hingga 69 persen dan jika dibuat menjadi dua lapis bisa naik hingga 71 persen.

Comments
Loading...