“Jemput Bola” Pelayanan Paspor, PMI: Terima Kasih KJRI Kuching

0 150

INIBORNEO, Mukah – Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di ladang Delta Pelita Sebakong, Mukah, Sarawak, Malaysia merasa terbantu dengan adanya pelayanan ‘jemput bola’ pengurusan dokumen keimigrasian berupa paspor oleh tim Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, pada Sabtu (18/01/2020) pagi.

“Terima kasih banyak karena tim KJRI sudah bersedia datang mengunjungi kami untuk pelayanan pengurusan paspor. Ini supaya kami tidak jauh-jauh lagi ke Kuching untuk pembuatan paspor,” ucap Masniah, PMI asal Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Layanan paspor simpatik KJRI Kuching jemput bola ini, juga dalam rangka menyemarakkan Hari Bhakti Imigrasi ke-70. Di Mukah, diikuti 130 PMI. “Sekali lagi terima kasih banyak. Karena sudah berupaya dan berusaha untuk memudahkan pekerja yang ada di Mukah ini. Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke-70,” ucapnya lagi.

PMI lainnya, Bagus Priyangga juga mengaku merasa terbantu dengan adanya layanan jemput bola ini. Ia berharap, kegiatan serupa akan terus berlanjut dan lebih baik kedepannya.

“Terima kasih kepada Imigrasi KJRI Kuching. Kami mewakili PMI di Mukah, sangat amat terbantu dengan adanya even layanan paspor simpatik jemput bola yang dilaksanakan pagi tadi. Dengan adanya even ini, kami tidak harus jauh-jauh datang ke KJRI. Tapi, KJRI hadir, negara hadir untuk kami semua,” ucapnya.

Manager Delta Pelita Sebakong, Mr Tonny Wong turut mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada KJRI karena telah memberi perhatian kepada karyawannya yang merupakan warga negara Indonesia (WNI).

“Terima kasih kepada KJRI yang memberi peluang kepada karyawan kami untuk memperoleh pelayanan pengurusan paspor dengan mudah. Karena, mereka tak perlu lagi meninggalkan pekerjaan jika harus ke Kuching demi mengurus paspor,” katanya.

Karena, kata Tonny, butuh waktu 16 jam dari Mukah untuk bisa sampai di kantor KJRI yang berada di Block 11, Jalan Stutong, MTLD, 93350 Kuching. Jika PMI yang ingin mengurus paspor dan permit di Kuching, otomatis mereka harus mengambil cuti beberapa hari.

Atase Imigrasi KJRI Kuching, Ronni Fajar Purba menambahkan, kehadiran KJRI memberikan pelayanan ini untuk memudahkan dan meringankan beban PMI. Dalam artian, para PMI tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke KJRI Kuching untuk mengurus paspor dan permit.

Kemudian, tujuan lain dari pelayanan jemput bola ini untuk memastikan kepada PMI bahwa negara siap dan selalu memberikan perlindungan dan pelayanan. “Pada intinya, kegiatan hari ini berjalan dengan lancar. Kehadiran kami dapat memberikan kontribusi SDM unggul, diplomasi ekonomi Indonesia kuat. Dan, sebagai wujud negara hadir untuk perlindungan WNI,” tutupnya.

Comments
Loading...