Hotel Santika Gelar Seminar Bijak Gunakan Medsos

0 139

INIBORNEO, Pontianak – Hotel Santika Pontianak menggelar Seminar Bijak Bermedia Sosial Sebagai Sarana Edukasi Kekinian, Kamis (27/2). Kegiatan yang diikuti oleh puluhan pelajar dari Kota Pontianak ini merupakan rangkaian acara Anniversary ke-17 hotel tersebut. Manager HRD Hotel Santika Pontianak, Lily Widiastry mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi hotel terhadap dunia pendidikan.

“Sebagai salah satu hotel yang memberikan kesempatan bagi pelajar sekolah untuk program prakerin (Praktek Kerja Industri), kami merasa perlu mendorong literasi kepada pelajar terkait pentingnya bijak bermedia sosial,” ungkap dia.

Diangkatnya tema tersebut menurutnya sejalan dengan tren kekinian anak muda yang tidak mudah lepas dengan media sosial. Pemanfaatan media sosial sebagai sarana untuk menunjukkan eksistensi diri sebenarnya sah-sah saja, tetapi pelajar menurutnya perlu melalukan kontrol diri agar tidak memberikan dampak negatif. Perilaku berbagi informasi tanpa adanya penyaringan dan seleksi terlebih dahulu, menurutnya dapat dapat berakibat buruk.

“Kami melihat saat ini generasi Z dengan media sosial yang mereka miliki dengan mudahnya share informasi, tanpa disaring terlebih dahulu,” kata dia.

Selain menggelar Seminar, rangkaian kegiatan Anniversary ke-17 Hotel Santika Pontianak juga akan diisi dengan aksi bersih-bersih lingkungan, rumah ibadah, hingga santunan untuk anak yatim. Puncak acaranya, kata dia, akan diadakan syukuran dengan mengundang anak-anak yatim.

Aseanty Pahlevi, pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan sudah saatnya literasi digital di kalangan pelajar digalakkan, mengingat pengguna teknologi digital terbesar berasal dari generasi milenial. Menurutnya, mereka tidak hanya diajarkan tentang penggunaan dan fasilitas yang dihadirkan teknologi digital tetapi juga soal pentingnya menjaga keamanan data pribadi mereka. Dalam mengakses internet misalnya, pelajar menurutnya juga harus mengetahui dan mewaspadai potensi kejahatan yang bisa menyasar informasi pribadi mereka.

“Akun digital baik dari media sosial atau lainnya bisa dimanfaatkan untuk kejahatan atas nama pemilik akun,” jelas dia.

Comments
Loading...