Fachruddin : Presiden Keluarkan Perpres Balap Sepeda Ikut PON

0 159

INIBORNEO.COM, Pontianak – Kabar gembira bagi Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Peraturan Presiden agar cabang olahraga ini dapat berlaga di PON, yang dihelat di Jawa Timur.

“ Tadi malam, Presiden sudah mengeluarkan peraturan pemerintah untuk balap sepeda dapat dilaksanakan di Jawa Timur,” ungkap Ketua Umum KONI Kalbar, Fachruddin Siregar, saat membuka Competition Series ISSI Kalbar, Sabtu, 1 Februari 2020.

Walau demikian, belum juga menuntaskan permasalahan. Pasalnya, keputusan tersebut menuai protes dari Papua, yang tetap menginginkan point yang didapat dalam kompetisi yang digelar di Jawa Timur tersebut, tidak dimasukkan sebagai medali dalam Pekan Olahraga Nasional.

Sebelumnya ada 10 Cabor yang urung dipertandingkan pada PON 2020. Selain balap sepeda ada ski air, bridge, woodball, gateball, golf, soft tenis, tenis meja, dansa, dan petanque. Pada Cabor Balap Sepeda, terdapat banyak disiplin mulai dari BMX, sepeda gunung (XCO dan DH), trek hingga road race. Disiplin yang akan dilombakan pada kejuaraan empat tahunan terbesar di Indonesia itu masih dalam kajian.

Upaya KONI Pusat dalam mencarikan solusi agar 20 cabang olahraga yang tidak dilombakan di PON XX Papua 2020, adalah dengan menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Hal ini dilakukan agar sistem pembinaan hingga pemantauan atlet berprestasi tetap berjalan.

Titik terang ini, kata Fachruddin, tetap harus dibarengi dengan kerja keras untuk mendukung KONI Pusat. Terlebih, ada empat cabang olahraga yang lolos diikuti tim Kalbar, selain balap sepeda. Dia juga memberikan apresiasi terhadap Pengprov ISSI Kalbar yang tetap menggelar kompetisi secara mandiri. “Walau tidak dapat support dari KONI, namun kegiatan ini berlangsung. Saya harap kompetisi dapat terus digalakkan. Hingga Kalbar bisa naik ke podium,” tambahnya.

Ketua Umum PB ISSI Kalbar, Syawal Bondoreso, menambahkan, pada kompetisi ini diadakan dua kategori. Kategori pertama untuk Men Under 19, dan kategori kedua 17-21. “Untuk kategori kedua ini, Pengprov akan mengirimkan atlet (berdasarkan) ranking. Kalbar diberi jatah tiga orang by number,” ungkapnya.

Kompetisi ini adalah pembuka beberapa kompetisi lain yang akan dihelat sepanjang tahun 2020. Syawal mengharapkan, semua atlet dapat terus berlatih dan mengukir prestasi untuk mengharumkan nama Kalbar.

Menempati podium pertama kategori Men Under 19, Muhammad Al Husna, sedangkan pembalap muda M Zulgian Ardiansyah, menempati podium kedua. Podium ketiga ditempati Dwi Jihan Nugroho.

Pada kategori Men 17-19, Nur Ikhsan menempati podium pertama, disusul Muhammad Gilang Persada, dan Andi pada podium ketiga.

Sebelumnya, Kalbar menorehkan prestasi di Pra-PON 2019. Bertanding di Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2020, dengan menempati posisi 8 besar. Posisi pertama ditempati  Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Bali, dan Kalimantan Barat. Di bawahnya, ada Sumatra Barat, dan Sulawesi Tenggara yang menempati posisi sembilan dan sepuluh.

Comments
Loading...