Cuaca Ekstrem Sudah Mulai Terjadi Tanggal 08 Juli 2020

0 48

INIBORNEO.COM,Pontianak 08 Juli 2020 – Berdasarkan laporan dari media, hari ini telah terjadi cuaca ekstrem yang diduga putting beliung di Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang. Akibat putting beliung tersebut dilaporkan beberapa rumah mengalami kerusakan pada atap, tumbangnya papan reklame, dan tumbangnya pohon yang menghalangi akses jalan utama Bengkayang -Singkawang.

.Berdasarkan pengamatan radar cuaca hari ini hujan sudah mulai terjadi pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB di wilayah Kab. Kubu Raya. Hujan ini terus meluas hingga ke seluruh wilayah Kalimantan Barat hingga sore hari ini. Hujan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di Kabupaten Bengkayang terjadi pada rentang pukul 13.00 WIB hingga 14.00 WIB.

.Diprakirakan hingga  tanggal 15 Juli 2020 nanti, masih berpotensi terjadi gangguan meteorologis yang meningkatkan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di seluruh wilayah Kalimantan Barat. Diprakirakan masih akan terjadinya hujan ini mengindikasikan potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat masih akan dalam kategori Aman, setidaknya hingga pertengahan bulan Juli 2020 ke depan. Potensi hujan intensitas sedang hingga lebat tersebut bisa disertai dengan petir dan angin kencang berdurasi singkat khususnya pada siang hingga sore hari di Kalimantan Barat bagian barat.

.Cuaca ekstrem berupa hujan lebat dengan periode waktu yang cukup lama tersebut bisa memicu terjadinya genangan, banjir, tanah longsor, dan dampak merugikan lainnya. Periode pasang air laut saat ini hingga 3 hari ke depan diprakirakan juga masih tinggi terutama pada malam hari, sehingga Masyarakat perlu mewaspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologis tersebut, khususnya pada wilayah yang sering terdampak. (r-papiadjie)

Comments
Loading...