Cegah Covid-19 Dengan Jaga Imun, Ini Tipsnya

0 288

INIBORNEO.COM, Pontianak – Sebelum vaksinasi virus Corona atau COVID-19, masyarakat hendaknya senantiasa menjalankan hidup bersih (higienis) serta selalu menjaga daya tahan tubuh.

“Pada dasarnya, manusia itu memiliki sistem kekebalan sendiri untuk melawan virus dan bakteri penyakit,” ungkap Rifka, ketua Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat. Rifka sendiri merupakan penyintas, setelah Oktober lalu terkonfirmasi Covid dan menjalani isolasi.

Rifka mengatakan, ada beberapa cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau antibody. “Setiap hari harus cukup masa tidur minimum 7 jam. Bagi orang yang masa tidur kurang dari 7 jam, akan mengalami penurunan anti body,” katanya.

Makan harus berprotein tinggi, bukan berarti makanan yang mewah. Warga juga diingatkan mengurangi konsumsi gula. “Begitu makan gula, reaksinya adalah menghentikan pembentukan Cell DARAH PUTIH selama 5 jam. Begitulah pentingnya memperbaiki pola makan kita,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini Covid19 telah membentuk system pola hidupnya. “Begitu memasuki musim dingin akan berkembang lebih cepat. Maka diperlukan banyak berjemur matahati untuk membantu process terbentuknya vitamin D dalam darah,” katanya.

Para Ahli Medis juga menemukan bahwa bagi orang yang rutin mengkonsumsi Vitamin D secara teratur, risiko kena infeksi tenggorokan menurun sekitar 60%. Jika tidak sempat berjemur matahari, boleh makan Vitamin D tablet sesuai dosis yg dianjurkan.

Pembiasaan lain untuk pekerja kantoran, bisa dilakukan tambahan selain membersihkan diri, dan berganti baju. Begitu pulang dari kantor, lanjutnya, segera berkumur boleh dengan apa saja: Air panas, Air Garam hangat, obat kumur, Teh hijau, semuanya berkhasiat sama.

Untuk Lansia

Tips khusus untuk Lansia, yang berusia 50-60 tahun, lebih khusus lagi bagi di atas 70 tahun adalah menunda perjalanan jauh dengan pesawat udara, jangan makan makanan di kedai atau warung, hindari pergi ke acara pernikahan yang tidak perlu sekali, atau upacara serupa lainnya, juga hindari melakukan perjalanan dengan bus atau KA bila tidak mendesak sekali.

“Upayakan tidak pergi ke pasar basah, selain itu disiplin mengikuti norma sosial jaga jarak serta hindari kontak dengan orang yang menderita batuk atau flu,” tambahnya.

Selain tetap menggunakan masker ke mana pun dan disaat apa pun, Lansia harus behati-hati menjaga kesehatan, terutama saluran pernapasan. Rifka menambahkan, jangan biarkan diri anda berada dalam keramaian apapun di sekitar anda. “Lebih baik makanan vegetarian, masak dirumah,” katanya.

ASEANTY PAHLEVI

Comments
Loading...