Begini Pesan Askiman Kepada Umat Islam Soal Alquran

0 145

INIBORNEO, Sintang – Tak ada kata yang bisa menggambarkan kesuksesan malam puncak Penutupan Musabaqah Tilawah Quran (MTQ) ke-XXIV Kabupaten Sintang, selain kata meriah. Antusiasme masyarakat Sintang, tergambar dari padatnya lokasi acara, di bekas Lapangan Terbang (Lapter) Susilo Sintang, yang digelar Jumat (6/12/19) malam. Acara ini diperkirakan diramaikan oleh 12 ribu orang.

Wakil Ketua Umum Pelaksanaan MTQ ke-XXIV Kabupaten Sintang, Helmi menuturkan kegiatan yang dihelat sejak tanggal 2 hingga 6 desember 2019 ini, dipenuhi dengan sejumlah rangkaian kegiatan. Mulai dari ramah tamah, pelantikan dewan hakim MTQ, penyelnggaran pawai ta’aruf yang diikuti 220 kendaraan roda empat dan 187 kendaraan roda dua.

“Kemudian penyelenggaran pembukaan MTQ yang pada saat itu acara berlangsung di bawah guyuran hujan namun tidak menyulut antusiasme masyarakat hadir memadati tempat acara,” ungkap Helmi.

Dijelaskannya, perlombaan digelar di beberapa tempat, yaitu di bekas Lapter Susilo Sintang, Aula SMPN 2 Sintang, Masjid Al Kautsar, serta Gedung Pancasila Sintang. Daapun total peserta lomba secara keseluruhan berjumlah 553 orang.

Acara tersebut menyuguhkan berbagai tontonan yang menarik, mulai dari penampilan drumband, ataraksi pencak silat, penampilan grup hadrah dan qasidah, serta penampilan tari kolosan dari sanggar Anantakupa Sintang. Adapun juara umum MTQ ke-XXIV Kabupaten Sintang tahun 2019 ini berhasil diraih oleh Kecamatan Sintang. Disusul peringkat kedua diraih Kecamatan Sungai Tebelian dan peringkat ketiga di raih Kecamatan Serawai.

Wakil Bupati Sintang, Askiman, pada malam penutupan itu, didaulat untuk menutup secara resmi seuruh rangkaian kegiatan MTQ ke-XXIV Kabupaten Sintang tahun 2019 yang di tandai dengan pemulukan beduk.

Dalam sambutannyanya, dia berpesan agar seluruh peserta tetap bersemangat menjadikan musabaqah sebagai cara untuk  mensyiarkan Alquran dan membudayakannya dalam kehidupan umat islam di Kabupaten Sintang ini. Budaya seperti ini menurutnya, sangat bersesuaian dengan visi pembangunan tahun 2016-2021 yaitu mewujudkan masyarakat Sintang yang religius. Adapun upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama di Kabupaten Sintang ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang bermoral, beretika, berbudaya dan beradab.

“Semangat untuk membaca dan menghayati kalam Ilaahi serta mendalami isi dan mengamalkan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari, jangan hanya tumbuh dan layu untuk semusim. Hal ini seharusnya dipandang sebagai kebutuhan bagi setiap muslim,” pesan dia.

Dirinya berharap penyelenggaraan MTQ ke-XXIV ini dapat menambah wawasan, penghayatan dan cinta terhadap Alquran. Pelaksanaan musabaqah dinilainya merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan, serta pendalaman isi kitab suci umat Islam itu.

Comments
Loading...