6 Cara Agar Produktif Bekerja di Rumah

0 177

INIBORNEO.COM, Pontianak – Semenjak diberlakukannya social distancing oleh pemerintah pusat, banyak masyarakat yang memilih untuk berkegiatan dirumah, seperti bekerja, beribadah dan belajar.

Work From Home atau WFH membuat kita memiliki jadwal yang lebih fleksibel. Tapi, kesulitan muncul karena kadang cenderung mudah terdistraksi oleh banyak hal, seperti kasur yang nyaman atau video menarik di internet.
Dilansir di Malay Mail, berikut 6 cara meningkatkan produktivitas ketika bekerja di rumah.

  1. Ciptakan lingkungan rapi, lingkungan yang rapi akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman. Selain itu, Anda akan lebih fokus untuk bekerja.
  2. Ciptakan lingkungan kerja yang kondusif Lingkungan yang indah dan kondusif bisa membantu Anda lebih termotivasi bekerja. Anda bisa merancang ruang kerja sendiri. Misalnya menggunakan kursi biasa atau ditambah dengan bantal, lalu menyimpan tanaman hijau di meja kerja, dan lain-lain.
  3. Susun jadwal Normal bagi pekerja kantor untuk merencanakan jadwal harian mereka. Hal yang sama dapat Anda lakukan jika bekerja di rumah. AYO BACA : Soal Covid-19, Jokowi: Saatnya Bekerja dari Rumah, Belajar dari Rumah Tuliskan tujuan Anda hari itu, tenggat waktu, waktu mulai bekerja, istirahat, dan jam mengakhiri pekerjaan. Hal itu memungkinkan Anda mempercepat tugas dan mengelola beban kerja secara efisien.
  4. Keluarlah Anda bisa istirahat dengan pergi ke luar rumah, misalnya dengan jalan-jalan menikmati lingkungan sekitar. Namun, di tengah kondisi mewabahnya virus corona Covid-19, Anda sebaiknya mengikuti arahan dari pemerintah untuk mengurangi potensi terkena virus tersebut.
  5. Tetapkan rutinitas pagi Memiliki rutinitas kala pagi mengaliri otak Anda bahwa inilah waktunya bekerja. Mulailah hari seolah-olah Anda pergi ke kantor. Hal ini membantu Anda masuk ke mode kerja. Atur alarm seperti biasa, minum kopi pagi, dan berpakaian.
  6. Gunakan gawai yang dapat diandalkan Menggunakan gawai yang terus-terusan rusak akan sangat mengganggu aktivitas bekerja. Pastikan memiliki teknologi gawai yang tepat sebelum bekerja. Hal ini dilakukan untuk menghindari situasi yang membuat Anda tertekan.

 

Comments
Loading...